SIM Keliling? Solusi yang kewl! ^_*

Berawal dari kejadian hari Jumat, 14 Oktober lalu, dimana gue untuk pertama kalinya dicegat Pak Polisi (selanjutnya disebut PakPul)๐Ÿ˜€ Hari itu memang waktunya approval committee meeting rutin yang nggak pernah cepet selesainya. Alhasil Jumat itu gue berangkat dari kantor jam lima, dengan sangat sadar melintas jalur 3 in 1 sendirian (kan udah biasa melanggar krn pake kaca gelap hahaha) dan dengan santainya berhenti di lampu merah setelah RRI. Eh tak kusangkaaa…ada PakPul yang lagi jalan-jalan ngelewatin mobil gue dan setelah dia perhatikan, dia sadar dong kalo gue sendirian. Aaaaaaaaaaa…oke saat itu gue pasrah. Dia ketok-ketok kaca dan gue buka. Pakpul: “Mbak…harus bertiga…ini udah masuk 3 in 1”; Gue: “Iya pak…maap…ngaku salah…saya pulangnya telat…” *dengan mata berkaca-kaca kayak di komik Ufo Baby*; PakPul: “Ya udah mbak, menepi dulu di depan, sama pinjam surat-suratnya”. Gue pun menepi dengan ikhlas… Lanjuuutttt… PakPul: “Mbak emangnya mau kemana?”; Gue: “Ke ancol pak, nggak tau lagi harus lewat mana, saya dari thamrin soalnya”; PakPul: “Oh gitu mbak. Udah pernah ditilang sebelumnya?”; Gue: “Belom pak…belom pernah…”; PakPul: “Berkenan ditilang?”; Gue: “Berkenan sekali pak…silahkan…ikhlas kok…hiks…” *dengan tetap berkaca-kaca*; PakPul: “Oh ya udah…oiya mbak, ini simnya dua hari lagi habis loh, tanggal 16 Oktober”; Gue: “Oh iya ya pak? Saya nggak sadar. Kalo gitu berarti dua hari lagi saya ulang tahun loh pak *penting*”; PakPul: *menyerahkan kembali surat-surat gue* Ya udah mbak…silahkan lanjutkan perjalanannya…hati-hati ya”; Gue: *bingung* Lah pak, katanya saya mau ditilang?; PakPul: “Udah mbak nggak apa-apa, kan mau ulang tahun…”; Gue: —-____—-**** dan langsung tancap gas.

Nah, dari kejadian itu gue pun langsung niat untuk memperpanjang SIM. Kenapa? Yaa…karena…soalnya…gue kan suka ngelanggar 3 in 1, nggak mau dong pelanggarannya dobel, udah cuma sendirian pake SIM kadaluarsa pulak haha. Tapi ternyata masalah waktu tidak cukup bersahabat, rempong banget kalau harus meluangkan waktu seharian penuh di hari kerja(iya seharian karena antrian SIM di Polres Tangerang itu beuh lebih heyboh daripada antri sembako dan kalo hari sabtu kesananya aw aw mending ga usah deh). Di saat bingung-bingung bombay itu gue inget pernah baca artikel tentang oelayanan SIM keliling di Tangerang. Again, bukan gue namanya kalo nggak browsing sana-sini. Dan voila! Ketemu dong infonya, walaupun info di internet agak simpang siur tentang nama tempat-tempat pakpul-nya SIM keliling mangkal, tapi modal nekad aja. Hari Sabtu berikutnya gue dan pacar langsung bergerak pagi-pagi ke tempat dimana *gosipnya* jadi tempat mangkalnya bis SIM keliling. Di situs yang gue baca, tempatnya disebut Metropolis mall. Dibrowsing lagi yang muncul Metropolis Town Square. Begitu diserahkan ke GPS, tertulis Plaza Metropolis! Haduh! Tapi lagi-lagi nekad. Kita dateng ke Plaza Metropolis karena lebih percaya sama GPS. Nanya ke satpam di sana, ternyata bener disitu tempat SIM keliling. Hmm dan ternyata semua nama mall yang gue sebut di atas itu merujuk pada tempat yang sama๐Ÿ˜€

Okay, jadi kita sampe sana bener-bener pagi, jam setengah 7. Practically belom ada apa-apa hehehe. Belom ada tanda-tanda orang yang mau bikin SIM juga. Info yang didapet dari satpam, bisnya memang baru dateng jam 9-an dan bakal mangkal di bawah gambar SUPERMEN raksasa. Kita muter-muter nyari gambar si SUPERMEN itu, dan nggak ada dooong… Adanya gambar BETMEN. Ternyata emang maksudnya itu๐Ÿ˜€ Anyway, oh. Jam sembilan-an meeen -_- Okay jadi deh kita sarapan dulu di pinggir danau. Karena memang mall ini ada di depan danau kecil haha. Nah sekitar jam 8-an mulai ada kerumunan orang yang kayaknya mau bikin SIM. Setelah tanya-tanya, ternyata kita harus nulis nama dulu di selembar kertas yang nantinya dikasih ke pakpul dan dijadiin acuan daftar antrian. Waktu gue nulis nama disitu, dapet urutan ke-9. Yah…not bad lah… Nah sekitar jam 9.15 akhirnya mobil pakpulnya dateng, bis gede gitu dan catchy banget, ada tulisannya SIM keliling gede-gede.

Hmm jadi kalo dibikin singkat sih prosedurnya kira-kira gini:

  • Tulis nama di daftar antrian
  • Siapin fotokopi KTP 2 lembar dan SIM asli yang akan diperpanjang (SIM keliling ini nggak melayani pembuatan SIM baru)
  • Isi formulir dari pakpul, siapin uang 170 ribu
  • Nunggu dipanggil
  • Masuk ke bisnya, bayar, foto, dan…jadi!
Jam 10 gue udah punya SIM yang udah diperpanjang. Jadi overall setelah pakpulnya dateng, waktu yang dibutuhkan cuma sekitar setengah jam! Hihihiyy senaaang…๐Ÿ˜€ Oia, untuk pemanggilan nomer urutan, diselang-seling antara cewek-cowok. Jadi buat gue yang waktu itu dapet urutan no.9, sebenernya masuk ke bisnya jadi cewek nomer dua alias di urutan sebenernya jadi nomer empat. Hehehe…menyenangkan. Tanpa pungutan-pungutan liar nggak jelas pulak. Senangnya sekarang pelayanan publik sudah lebih bersahabat…๐Ÿ™‚ Anyway, ini ada beberapa dokumentasi yang mungkin berguna buat siapapun yang mau perpanjang SIM pake jasa SIM keliling ini. Ada jadwal dan penampakan bisnya, dengan foto narsis gue tentunya haha. Enjoy!
Jadwal SIM keliling kota Tangerang:
Senin: Plaza Shinta Karawaci
Selasa: Pospol Pinang Cipondoh
Rabu: Taman Royal 1 & 3 Cipondoh
Kamis: Plaza Shinta Karawaci
Jumat: City Mall, Jl. M. Toha Pasar Baru
Sabtu: Plaza Metropolis Modernland
Minggu: Carrefour Batu Ceper
Call centernya: 021-99516664

4 Responses to “SIM Keliling? Solusi yang kewl! ^_*”

  1. sameasabove Says:

    sim saya juga sebentar lagi habis, klo bukan ktp jakarta bisa gak perpanjang sim kelilingnya di jkt?? thanks ya mb

  2. Inama Pulante Says:

    Baghoesss… gak merasa bersalah banget ya ngelanggar 3-in-1. -___-‘


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: