Kapan giliranku?

Beberapa hari yang lalu aku baru mengantar seseorang menghadap Sang Pencipta. Entah kenapa sepulang dari sana badanku demam dan dalam demamku aku bertanya-tanya.

Pertanyaan yang muncul pertama adalah, “Kapankah giliranku?”
Aku melihat banyak yang kembali ke sang Pencipta, dan aku sendiri tidak tahu kapan giliranku. Tapi aku percaya bahwa semua yang bernyawa pasti akan mati.

Pertanyaan berikutnya yang muncul, “Bawa apa ya aku nanti menghadapNya?”
Aku pernah menghadiri seseorang yang akan menghadapNya dengan menggunakan jas lengkap, tampak keren dia dalam setelan jas itu, dalam sebuah peti yang cukup indah. Akan tetapi akupun pernah mengantarkan seseorang yang menghadapNya hanya dalam balutan kain putih. Jadi apa yang akan dibawa? Uang yang sudah dikumpulkan sedemikian banyak di bank? Rumah yang jumlahnya entah berapa banyak? Tanah? Mobil? Emas? Tidak ada satupun yang dibawa, paling banter aku melihat hanya satu stel jas dan peti bagus. Jadi apa yang akan aku bawa? Namun aku percaya pasti setiap perbuatan, sekecil apapun, kalau mendapat ridhaNya, pasti akan kita bawa serta.

Sebuah pertanyaan lagi, “Siapa yang bakal nemenin ya?”
Kawan-kawan? Bahkan didunia saja, mereka lebih senang berada disekeliling kita saat kita senang. Orang-orang disekeliling kita? Aku rasa tidak, di dunia saja mereka akan senang berada di sekeliling kita jika kita serupa dengan mereka. Saat kita tampak berbeda, mereka menjauh, mencibir, bahkan memusuhi. Jadi siapa? Aku rasa tidak ada, karena aku percaya pada saatnya nanti, semua orang sibuk dengan diri mereka masing-masing dalam menghadapi pengadilan yang paling adil.

Semoga aku bisa menjadi mahluk yang paling beruntung. Walau sedikit amalannya, namun banyak yang diridhai Nya. Amien.
-bemb-

Leave a Reply

